Korem 045/Gaya Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H

BABEL SENTRALBERITAINDONESIA.COM

Pangkalpinang – Prajurit Militer dan PNS Korem 045/Gaya memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H/ 2024 Masehi, bertempat di Aula Makorem 045/Gaya jln. Pulau Bangka, Komplek Perkantoran Air Hitam, Pangkalpinang, Jumat (12/7/2024).

Tahun baru Islam diperingati umat Islam setiap tanggal 1 Muharram dan pada tahun ini 1 Muharram 2024, jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.Demikian pula dengan keluarga besar Korem 045/Gaya dan Satbalak jajaran Korem 045/Gaya ikut memperingati 1 Muharram dengan tema “Jadikan Semangat Muharam Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045″

Sambutan Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E.,S.I.P.,M.Han menyampaikan Tahun baru islam atau tahun baru hijriah merupakan suatu hari yang penting bagi umat  islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah islam yaitu memperingati  penghijrahan nabi muhammad saw dari kota  Makkah ke Madinah  pada tahun  622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada  1 muharam tahun baru bagi  kalender islam atau hijriah.

Tahun baru islam atau tahun baru hijriyah diperingati dengan maksud agar kita (umat islam) mampu mengambil i’tibar (pelajaran) dari peristiwa tersebut, baik i’tibar secara tekstual maupun secara kontekstual (maknawi). Secara tekstual, peristiwa sejarah hijrah mengandung makna bahwa umat islam bisa melakukan perjalanan fisik dari satu daerah ke daerah lain. Hijrah fisik menjadi pilihan manakala di tempat lama umat islam kesulitan mengembangkan inovasi, kreasi dan dalam membangun peradabannya. Peringatan tahun baru islam atau tahun baru hijriah yang kita laksanakan hari ini, sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas berbagai nikmat dan berkah yang telah diterima selama ini. Semoga seluruh anggota jajaran Korem 045/Gaya serta masyarakat Provinsi Kep. Bangka Belitung dan Bangsa Indonesia senantiasa dalam bimbingan dan perlindungan Allah SWT, selalu diberi limpahan berkah dan dijauhkan dari segala musibah dan bencana.

“Jadikan tahun baru Islam 1446 Hijriyah sebagai momentum untuk bermuhasabah diri dan berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik. Selaku komandan Korem 045/Gaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak ustadz Kemas Mahmud, S.Ag atas kesediaannya memberikan ceramah hari ini,” Ungkap Danrem.

“Kepada prajurit korem 045/gaya, agar dengarkan, simak baik-baik, ambil hikmahnya dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” Jelas Danrem.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah ustadz H.Kemas Mahmud, S.Ag Pimpinan Ponpes Daarul Mahabbah Pangkalpinang dan acara peringatan 1 Muharram ini ditutup dengan acara doa bersama untuk kebaikan, kesehatan dan keselamatan keluarga besar Korem 045/Gaya dan Satbalak jajaran Korem 045/Gaya dalam menjalankan tugas-tugas kedepan.

Turut hadir dalam acara ini Para Kasi Kasrem, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem dan Satuan Balak Jajaran Korem 045/Gaya.

( Red-SBI )

Related posts
Tutup
Tutup